Friday, May 03, 2013

Rahasia Allah SWT : Kematian

"Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu.
Barang siapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan. "
(QS. Ali-'Imran : 185)

Sebagaimana kita maklum, Allah Subhanahu Wa Ta'ala jadikan makhluk yang bernyawa ada batasnya.

Hidup itu ada batasnya, ialah yang dinamakan "Ajal" seperti Firman Allah dalam Al-Qur'an Surah Yunus Ayat 49 (artinya) :
"Apabila telah datang ajal mereka, maka mereka tidak dapat mengundurkannya barang sesaatpun dan tidak (pula) mendahulukan(nya)."
Kematian adalah hal penting. Tak kurang dari 145 ayat dalam Al Qur'an yang menyebut atau membahas masalah kematian.
Tentang waktu kematian adalah rahasia Allah semata. Tidak ada yang tahu kapan, di mana dan bagaimana seseorang akan mati.
KH Abdullah Gymnastiar, yang akrab dipanggil Aa Gym, mengingatkan tentang rahasia kematian.
Aa Gym mengungkap, kematian dirahasiakan sehingga membuat manusia mawas diri. Rahasia kematian itu disebutkan Aa Gym, ada tiga: rahasia waktu, rahasia tempat, rahasia cara
"Allah merahasiakan (ketiganya itu) agar kita selalu siap setiap saat. Jangan menunda amal ibadah, jangan menundaa tobat, jangan main dengan maksiat, jangan menyia-siakan  waktu kebersamaan -- kapanpun, di manapun -- yang penting khusnul khotimah (akhir hidup yang diridhoi Allah SWT)," kata Aa Gym .

Karena kematian menyangkut terpisahnya ruh dengan badan. Dan tidak ada yang tahu banyak tentang soal ruh kecuali Allah.

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman ِ (artinya) :
"Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh"
Katakanlah, "Ruh itu urusan Tuhan-ku, sedangkan kamu diberi pengetahuan hanya sedikit."
(QS. Al-Israa' : 85)

Allah hanya memberi konfirmasi bahwa kematian itu ada dan kerena itu mengingatkan manusia bahwa kematian dapat datang kepada kita sewaktu- waktu dan tidak akan dapat dihindari.
Allah 'Azza Wa Jalla berfirman ُ(artinya) :
"Di manapun kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, kendatipun kamu berada di dalam benteng yang tinggi dan kokoh..." ¤ QS. An Nisaa' : 78 .

Dan firman-Nya lagi (artinya) :
Katakanlah : "Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepada mu apa yang telah kamu kerjakan." ¤ QS. Al-Jum'ah : 8 .

Dan macam-macam pula yang menjadi sebab yang akan mendatangkan kematian manusia.Ada yang disebabkan karena penyakit, tabrakan kendaraan, terkena setrum listrik, pembunuhan, bencana alam, peperangan dan 1001 macam sebab lagi. Karena sudah menjadi peraturan atau hukum Allah, Ia menjadikan sesuatu dengan ada sebab.

0 comments:

Post a Comment