Wednesday, July 03, 2013

Surah Ad Dukhan

Surah yang ke 44 yang ada dalam Al Quran yaitu surah Ad Dukhan, surah ini diturunkan di Mekkah jumlah ayatnya ada 59 ayat . Banyak sabda Rasulullah SAW tentang keutamaan membaca surah Ad Dukhan diantaranya :
"Barangsiapa membaca HAA MIIM (surat) Ad Dukhan pada malam hari, maka tujuh puluh ribu malaikat akan memohonkan ampunan untuknya di pagi harinya."[HR. Tirmidzi No.281].
Kemudian sabda Rasululah SAW lagi:
"Sesiapa membaca “Haa Miim – Ad Dukhan” pada malam Jumaat; maka diberi keampunan baginya”. (HR: Ibnu Katsir).
Ad Dukhan artinya asap atau kabut , surah ini di namai asap/ kabut  karena di dalam surah ini terdapat ayat yang  menceritakan tentang asap.
"Maka tunggulah hari ketika langit membawa asap/kabut yang nyata,yang meliputi manusia. Inilah azab yang pedih".( QS. Ad Dukhan: 10-11)
Di ceritakan para sahabat pernah berkumpul membicarakan masalah agama/ mudzakarah, kemudian muncul Rasulullah SAW, beliau bertanya " apa yang sedang kalian lakukan ",
" kami sedang mudzakarah ya Rasulullah" demikian kata sahabat,
"Apa yang sedang kalian bicarakan", tanya baginda lagi,
" Kami sedang membicarakan tentang hari kiamat, wahai junjungan kami" jawab para sahabat.
.Kemudian baginda Rasulullah SAW bersabda yang artinya:
"Kiamat itu tidak akan terjadi hingga kalian melihat sepuluh tanda, asap, Dajjal, hewan aneh, terbitnya matahari dari barat, turunnya Isa bin Maryam, Ya’juj dan Ma’juj, tiga gempa (satu di timur, satu di barat, dan satu di jazirah Arab), dan terakhir adalah api yang keluar dari ‘Adn yang menggiring manusia ke makhsyar.” (HR Muslim)
Salah seorang sahabat kemudian bertanya apakah yang di maksud asap pada tanda-tanda kiamat tersebut, kemudian dibacakanlah oleh Rasulullah ayat 10-11 pada surah Ad Dukhan tersebut, dan di jelaskan bahwa asap tersebut akan turun dari langit memenuhi timur dan barat, -artinya seluruh dunia ini akan di lingkupi oleh asap/kabut-.Dan asap/kabut tersebut akan bertahan selama 40 hari 40 malam. 
Akibat asap tersebut orang-orang yang beriman akan menderita sakit  flu/ pilek, sedangkan orang-orang kafir akan seperti orang yang mabuk atau teler. Asap tersebut akan keluar lagi dari mulut, hidung dan telinga orang kafir inilah mungkin yang disebut sebagai adzab yang pedih. 
Wallahu'alam

0 comments:

Post a Comment